Selasa, 03 Juni 2008

Anti Organisasi

Sebagaian besar khususnya mahasiswa mungkin sudah tak asing dengan yang namanya organisasi. Dengan begitu bangganya seorang mahasiswa menjadi anggota Organisasi.Berbagai macam organisasi di ikuti mulai dari organisasi skala kecil sampai dengan organisasi yang berskala besar.Dari organisasi yang bersifat pro ataupun yang kontra.Tergantung Idealis mahasiswa itu sendiri.Katanya dengan hidup berorganisasi kita nantinya tidak canggung lagi pada saat terjun langsung kemasyarakat ketika sudah tidak lagi menyandang status mahasiswa.Dengan berorganisasi kita bisa banyak teman,relasi,mandiri dan sebagainya tergantung alasan mahasiswa itu sendiri.

Banyak opini yang mengatakan kalau kita ikut organisasi kita bisa berubah menuju kearah yang lebih baik.Kita bisa mencapai tujuan yang kita inginkan secara bersama melalui organisasi.Dalam struktur organisasi biasanya terdapat pembagian tugas mulai dari ketua sampai dengan anggota dari organisasi tersebut.Tanggung jawab dari kinerja masing-masing mutlak dipegang mulai dari sebagai ketua sampai dengan hanya menjadi anggota.Terlepas dari ikatan organisasi tersebut.Banyak sebagian kalangan yang memilih hidup tanpa terikat dengan organisasi, menginginkan kehidupan yang independen,bebas tanpa pengaruh dari berbagai macam organisasi manapun.Mungkin saya termasuk orang yang anti dengan organisasi.Membosankan dengan struktur organisasi.mulai dari ketua,wakil ketua,aktivis dsb ataupun kalau kita lihat struktur organisasi yang lebih besar seperti bentuk Negara,Kerajaan apapun namanya. Manusia di ikat dalam suatu kasta-kasta yang membedakan antara Ketua dengan anggota,Antara Raja dengan Hamba, antara Presiden dengan rakyat. Mungkin kasta-kasta disini berbeda dengan kasta-kasta pada saat zaman hindu budha ketika manusia pertama kali diperkenalkan dengan bentuk stratifikasi.Dari kasta brahmana sampai dengan kasta Paria. Tapi tentunya kasta-kasta yang diperkenalkan pada saat sekarang sudah berbeda dengan kasta-kasta dahulu. Akan tetapi pada hakikatnya sama. Dalam artian Ketua lebih terhormat dibandingkan dengan anggota,Presiden lebih terhormat dibandingkan dengan menteri,Menteri lebih terhormat dibandingkan dengan gubernur,Dan juga Gubernur tak mau kalah Ia merasa lebih terhormat dibandingkan dengan ketua RT.Dan Pak RT lebih terhormat dari pada warganya.Manusia berlomba-lomba untuk mencapai kursi yang tertinggi ( Raja,Presiden,Ketua organisasi, ataupun Ketua RT) Kita memang tidak bisa lepas dari struktur tersebut secara sadar ataupun tidak sadar akan tetapi secara eksplisit kita bisa menjadi raja dari diri kita sendiri,Ketua dari diri kita sendiri ataupn presiden dari diri kita sendiri. Jadi Apakah kita terus menerus berada dalam lingkaran setan,terhanyut dalam alur keorganisasian tanpa membebaskan diri kita secara lahiriyah ataupun batin.Kita terlahir atas nama kebebasan…Kebebasan dari ikatan organisasi. Sukses selalu buat calon independen. = ANTI ORGANISASI =.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

inti organisari adalah belajar saling memahami karakter diri. organisasi bersifat struktural, namun sukses sebuah organisasi bukan karena strukturnya, melainkan kerjasama personilnya

Unknown mengatakan...

Orang yang masuk orgsnisasi itu orang yang belum bisa menemukan jati dirinya

Unknown mengatakan...

Orang yang masuk organisasi, orang yang belum paham tentang kelicikan lingkungan bukan pula penjamin kesuksesan.