Selasa, 15 Juli 2008

Different is Unique

Manusia diciptakan berbeda-beda, Oleh karena itu setiap perbedaan menjadi sesuatu yang unik.Jika saja manusia diciptakan sama,tentu kita akan sulit membedakan antara satu dengan yang lainnya.Manusia dilahirkan dengan karakter yang berbeda-beda.Dari karakter tersebut menciptakan karakteristik.Dan kemudian karakter yang dimiliki setiap individu akan membentuk Karakterisasi( perwatakan yangbersifat khas)Dengan perwatakan yang bersifat khas alangkah beraneka ragamnya manusia,keanekaragaman tersebut hanya kita lihat dari perwatakannya saja, belum lagi bentuk fisik dsb.
Saya jadi teringat dengan semboyan Bhenika Tungal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.Dengan memiliki semboyan tersebut betapa kuatnya negeri Indonesia seandainya bisa menyatukan semua perbedaan. Tapi bangsa ini masih belum maksimal menyatukan perbedaan tersebut.Dalam menyatukan perbedaan bangsa ini bukan dalam bentuk pemaksaan.Melainkan penghayatan arti perbedaan tersebut yang menjadikan kita salah kaprah.Hendaknya Jadikan setiap perbedaan menjadi sesuatu yang bisa membuat Aceh,Papua,Timor Leste dsb merasa betah menjadi bagian dari Indonesia .Tentu tidak akan terjadi kasus-kasus mengenai Timor-timor, Aceh,Papua yang ingin memisahkan diri dari NKRI.Dan sekarang apa daya Timor-Timor sudah lepas dari Indonesia mungkin hal yang sama akan terulang lagi seandainya kita tidak lengah dalam menjaga wilayah kesatuan NKRI.Terus apa hubungannya dengan Judul yang saya tulis dengan wilayah kesatuan NKRI.He..he.. Sebenarnya simple saja Hendaknya Setiap perbedaan yang ada bukan menjadi pemecah melainkan menjadi suatu keunikan tersendiri yang pada ujung-ujungnya tentu tidak akan terjadi kasus-kasus tersebut. Ah..bosan rasanya membahas hal tersebut.Lebih baik membahas “berbeda adalah unik” dalam sudut pandang yang lain.
Yang jelas “berbeda” terlepas dari hal tersebut saya ingin mengemukakan kalau setiap perbedaan-tersimpan sesuatu yang unik .Setiap diri seseorang memiliki suatu keunikan yang tidak dimiliki oleh yang lain.Coba anda renungkan lagi.Pasti anda memiliki suatu keunikan tersendiri dibandingkan dengan yang lain. Jadi buat apa kita meniru-niru keunikan orang lain sebab dalam diri kita sendiri tersimpan keunikan yang tidak dimiliki orang lain juga.
Lebih baik kita menjauhkan diri dari snobisme.Bentuk kepribadian sesuai dengan karakteristik yang dimiliki, Berbeda adalah sesuatu yang unik, Tak usah lagi kita merasa risih akan perbedaan. Oke…

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Berbeda tetap satu jua khan feb? Hehe, tapi gimana tentang orang papua yang tanahnya kaya tapi hidupnya miskin?